Mengilangkan Rasa Malu atau Minder

Diposting oleh orang maros bisa tonji on Senin, 02 Mei 2011





Dikesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada teman2 tentang bagaimana caranya agar kita tidak menjadi seorang pemalu n suka minder lagi.

sekedar info dulunya saya seorang yang pemalu n suka minder apalagi klo harus tampil didepan umum, maklum saya ini termasuk salah satu dari orang yang bertubuh imut upsss.. maksud saya gemuk,, heheheheehe.....!!!

Hingga pada suatu malam sebelum tidur saya befikir "apa yang bisa saya dapatkan dari kebiasaan buruk saya ini...???" dan akhirnya esok paginya ku bulatkan tekad ku untuk menilangkan rasa malu n minder ku ini.

pada awalnya memang susah, namun perlahan tapi pasti body ku yang sixpack upsss salah lagi maksudnya gemuk ini mulai kuterima dan kuanggap semuanya itu adalah salah satu karunia ALLAH SWT yang diberikan kepada aku.

oke, tanpa basa-basi, langsung aja......
berikut adalah tips atau cara saya mengilangkan rasa malu atau minder :


1. Jangan malu dari rasa malu anda.
Terimalah diri Anda apa adanya dan anggap ahl itu wajar! kurang dari anda berfikir, semakin banyak kesempatan berbenah, semakin terbuka lebar keberhasilan.

2. Jangan takut akan pendapat orang lain.
Belajar untuk menerima kritik ketika ada seseorang memberikan respon terhadap diri anda dan membiarkan komentar yang mungkin kurang menyenangkan bagi anda. tapi justru itulah tantangannya, anda jadi tahu apa2 yang jadi kelemahan anda sekarang.

3. Bicara tentang rasa malu dengan keluarga anda.
Jelaskan kepada orang lain apa yang anda rasakan, anda dapat mengindetifikasi hal2 apa saja yang membuat anda tertekan, situasi apa yang anda hadapi, apa yang orang respon terhadap diri anda.

4. Berlatih olah raga dapat membantu anda meminimalisir rasa malu anda berkat hubungan sosial yang timbul akibat sering berkumpul dengan kawan2.

5. Berperan layaknya teater/pertunjukan untuk belajar bagaimana berbicara kepada orang lain tanpa rasa malu.

6. Belajarlah untuk berkata dan berkata tidak.
Seringkali kita menerima begitu saja sesuatu yang sebenarnya tidak sreg/cocok dengan pilihan hati anda itu dikarenakan takut dan malu untuk menolaknya, maka mualilah dari sekarang.

7. Beralajr untuk bernafas dengan tenang.
Sebelum ujian atau wawancara kerja misalnya, tarik nafas dalam2 melalui hidung dan keluarkan perlahan-lahan dari mulut anda untuk mencegah timbulnya stres dan ketakutan anda akibat rasa malu.

8. Berfikir positif.
Jangan berfikir terlalu sempit, dan jangan sekali-kali pesimis dalam setiap mengahadapi masalah.

9. Bergaul dengan tidak mengurung diri dikamar atau dirumah secara terus menerus.

10. Selalu bersikap tenang
Kesalahan utama orang orang pemalu adalah kurangnya self control (pengendalian diri). Terutama jika berada dalam situasi yang tertekan dan asing. Grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat adalah beberapa indikasi seseorang sedang berada dalam tekanan. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang.
Singkirkan imajinasi negatif kamu mengenai apa yang sedang kamu hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang-orang sedang memperhatikan kamu dan berfikir negatif tentang kamu. Faktanya, semua berjalan biasa-biasa saja tidak seperti apa yang kamu pikirkan. Semua hal negatif kamu itu hanya ada dalam imajinasi kamu saja.

11. Coba sesuatu yang baru
Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan kamu tentang hidup dan kehidupan. Yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa..!
“Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir.”


sekian dulu tips dari saya semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua....
owh iya apa bila masih tambahan dari teman-teman  silahkan koment aja.
selamat mencoba dan terus tetap semangatttttt....!!!!!
Terima kasih telah membaca artikel: Mengilangkan Rasa Malu atau Minder.Silahkan baca artikel ©Blog Yhudiyuba yang lainnya!!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar sesukanya sob...
yang penting sopan dan membangun.........
Nyepam langsung di hapus....