Tampilkan posting dengan label Info Kesehatan. Tampilkan semua posting
Tampilkan posting dengan label Info Kesehatan. Tampilkan semua posting

Manfaat dan Khasiat Daun Binahong

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Kamis, 18 September 2014

blog yhudiyuba - kali ini kita akan membahas manfaatdan khasiat daun binahong. Jujur aja bro awalnya ssaya juga gak tau apa daun binahong, singkat cerita dan dari mulut ke mulur karena saking hebohnya daun binahong itu maka rasa penasaran sayapun muncul apa dan bagaimana sich daun binahong itu.

Berikut saya kasih ulasan manfaat dan khasiat daun binahong :
1. Obat Luka.
Bahan: 
Daun binahong beberapa lembar.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci, diremas-remas hingga menjadi lembut dan berlendir.

Cara menggunakan:
Tempelkan pada bagian luka, setelah itu tunggu sebentar, maka lukanya akan menjadi kering.

2. Obat Ambeien.
Bahan: 
Daun Binahong sebanyak 16 lembar, air 3 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

3. Obat Batuk.
Bahan: 
Daun binahong 10 lembar.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas.

Cara menggunakan: 
Diminum 1 kali sehari.

4. Obat borok aku yang menahun.
Bahan: 
Daun binahong 12 lembar, 3 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

5. Obat darah rendah.
Bahan: 
Daun binahong 8 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

6. Obat disentri.
Bahan: 
Daun binahong 10 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat:
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

7. Obat Gatal-gatal, eksim kulit.
Bahan: 
Daun binahong 10-15 lembar. 3 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahon dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

8. Obat Gegar Otak.
Bahan: 
Daun binahong 10 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus hingga mendidih dan tinggal 2 gelas.

Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sehari.

9. Obat Gusi berdarah.
Bahan: 
Daun binahong 4 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari

10. Obat Hidung Mimisan.
Bahan: 
Daun binahong 4 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

11. Obat Jerawat.
Bahan: 
Daun binahong 8 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

12. Untuk melancarkan haid.
Bahan: 
Daun binahong 3 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

13. Obat Kencing manis.
Bahan: 
Daun binahong 11 lembar, air 3 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

14. Obat Kurang Nafsu makan.
Bahan: 
Daun binahong 5 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

15. Obat Lemah Syahwat.
Bahan: 
Daun binahong 3-10 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

16. Untuk menjaga stamina tubuh.
Bahan: 
Daun binahong 1 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

17. Obat sakit paru-paru.
Bahan: 
Daun binahong 10 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

18. Obat Patah Tulang.
Bahan: 
Daun binahong 10-20 lembar, air 3 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

19. Obat Radang Ginjal.
Bahan: 
Daun binahong 7 lembar, air 2 gelas.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

20. Obat sehabis bersalin.
Bahan: 
Daun binahong 7 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

21. Sehabis Operasi.
Bahan: 
Daun binahong 20 lembar, 3 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

22. Obat Sesak Nafas.
Bahan: 
Daun binahong 7 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.

23. Obat Usus Bengkak.
Bahan: 
Daun binahong 3 lembar, 2 gelas air.

Cara membuat: 
Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Cara menggunakan:
Diminum 1 kali sehari.



Tips Blogging, SEO, Blogger Pemula, Tentang Cinta, Info Kesehatan, Tips Facebook, Trik Handphone, Zodiak, Kontes SEO, Tips dan Trik, Maros, Selebritis, Blackberry, Gerindra, Gerindra Maros
More about

Cara Menghilangkan Komedo

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Rabu, 30 November 2011

Yhudiyuba | Cara Menghilangkan Komedo. - Komedo memang merupakan masalah tersendiri bagi setiap remaja dan orang dewasa, baik itu perempuan maupun laki-laki seperti saya ini.

Secara alami yang namanya komedo yang terdapat diwajah kita dapat dihilangkan, namun kebanyakan orang kurang memperhatikan dengan masalah komedo yang timbul, komedo itu sendiri jika sudah diabaikan lama – lama sangat susah untuk dihilangkan, nah dengan mencoba mengupas suatu cara untuk menghilangkan komedo tersebut maka saya akan sedikit menyajikan beberapa tips dan trik agar diketahui mengenai Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami ini.

Cara Menghilangkan Komedo


baik yuk kita ikuti pembahasan berikut mengenai Tips menghilangkan komedo yang bisa anda terapkan dan mudah – mudahan dengan melalui cara menghilangkan komedo ini kita mendapatkan suatu ilmu yang bisa dibagikan kepada teman yang terkena masalah komedo pada wajah mereka. mari kita tahu dulu deskripsi tentang komedo ( bukan komodo yah..  )) hihih..

Komedo adalah sebentuk Kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk umumnya kecil dan berwarna hitam atau putih. wajah halus terlihat kotor dan kusam jika sudah dirasuki oleh komedo tersebut. Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati. hmm..mungkin bisa dimengerti kan??

komedo dapat terbagi menjadi dua yakni :

1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.

2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

nah tips dan Cara Menghilangkan Komedo tersebut seperti :

1. Kenali jenis kulit. Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

2. Pilih pembersih yang tepat, yang dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.

3. Pilih pelembab yang cocok. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit.

4. Hindari produk comedogenic. Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, shampo berbahan ginseng, dan kondisioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama tak hanya menimbulkan komedo, tetapi juga jerawat.

5. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Hal ini mungkin terdengar klise, namun coba terapkan hal kebiasaan ini, dan lihat hasilnya.

6. Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.

7. Batasi mengonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

8. Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

nah yang terakhir Cara Menghilangkan Komedo secara alami yakni :

1. Gunakan putih telur

Ambil sedikit putih telur, tempatkan di wadah, kocok hingga berbusa. Oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.

2. Scrub sayur dan masker kacang

Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.

Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.

Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.

Sekian dulu Tips Menghilangkan Komedo dari saya,,,, selamat mencoba dan semoga bermanfaat kawan...!!!





More about

Penglihatan Darurat Ketika Lupa Kacamata

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Minggu, 31 Juli 2011

Penglihatan Darurat Ketika Lupa Kacamata. - Buat kawan2 ku semua terutama yang punya masalah dengan penglihatan (+ n -), nih  saya ingin berbagi tips kesehatan yang saya dapat beberapa minggu lalu dari salah seorang teman lama saya yang kini udah jadi dokter mata.

Mungkin beberapa dari kawan2 ada yang memakai kacamata, dan terkadang ketika terburu-buru untuk bepergian kalian sering lupa membawa kacamata kalian sendiri (itu sering terjadi dirumah saya ketika ayah dan ibu saya buru2 untuk bepergian,, hehehehehe). Dan Alhasil jika dalam suatu keadaan tertentu yang terbilang penting kita kurang bisa melihat secara jelas.

Nah, disini saya ingin berbagi tips bagaimana caranya melakukan PENGLIHATAN DARURAT. Dalam hal ini PENGLIHATAN DARURAT yang dimaksud adalah pada saat tidak ada kaca mata. seperti :
- Pada saat kacamata kita tiba2 terjatuh dan pecah sehingga tak bisa digunakan lagi.
- Kacamata kita tiba2 hilang.
- Lupa membawa kacamata itu sendiri.

Dalam keadaan DARURAT anda bisa mengatasinya dengan menggunakan "Efek Pin Hole" yang dapat membantu refraksi mata (kelainan penurunan penglihatan yang dapat diperbaiki dengan menggunakan kacamata), penglihatan akan bertambah baik ketika melalui suatu  
celah atau lubang yang kecil.

Dalam hal PENGLIHATAN DARURAT ini kita dapat membuat sendiri celah atau lubang kecil yang dapat membantu penglihatan kita seperti membuanya dari kertas karton dengan ukuran 3 x 5 cm setelah itu kita buat lubang atau celah kecil pada kertas karton itu.

Tapi apabila anda tidak mendapatkan kertas karton, ada cara yang paling simpel dan mudah, yaitu dengan menggunakan tangan anda sendiri, buatlah sebuah celah kecil antara ibu jari dan telunjuk. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Tips ini berlaku untuk penglihatan jarak jauh dan dekat (kayak naik mikrolet aja,,, hehehehehe).

Semoga Bermanfaat kawan...!!!

More about

Sudah Tahukah Anda 10 Besar Makanan Pemacu Ingatan ?

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Rabu, 27 April 2011


saya punya teman yang kebetulan memiliki daya ingatan yang lemah (pelupa) dan sebagai teman yang baik saya gak mau dong kalau teman saya itu kayak gitu terus... hehehehe...
so, dikesempatan kali ini saya mau nulis artikel tentang makanan yang bisa memacu ingatan...... kebetulan abis liat di TV... jadi apa salahnyakan kalo saya bagi kepada sobat_sobit semua....

langsung aja_yeach....

Sudah tahukah Anda mengenai 10 besar makan yang dapat memacu ingatan manusia ?
Bagi Anda yang sudah mengetahuinya pastilah sudah merasakan sendiri seperti apa manfaatnya namun bagi Anda yang belum mengetahuinya janganlah berkecil hati karena dalam tulisan ini saya akan membagikan ke 10 jenis makanan yang dapat merangsang otak untuk bekerja lebih baik, lebih mudah dalam memunculkan suatu ingatan & lebih cerdas.

Kesepuluh jenis makanan itu antara lain adalah :

1. IKAN
Yang pertama adalah ikan terutama ikan air tawar seperti salem, trout, tuna, herring, makarel dan sarden.
Pada dasarnya ikan mengandung banyak sekali kandungan gizinya seperti lesitin ( kolin ), fenilalanin, asam ribonukleat, DMAE, tirosin, vitamin B6, niasin atau B3, tembaga, protein, seng, asam lemak omega-3 ( DHA ) dan vitamin B12.

2. TELUR
Sudah tidak diragukan lagi telur mengandung kandungan yang bergizi diantaranya fenilalanin, lesitin ( kolin ), vitamin E, vitamin B6.

3. AYAM
Ayam mengandung fenilalanin, vitamin B6, niasin atau B3 & protein.

4. PISANG
Pisang adalah buah yang mengandung tirosin, magnesium, potasium &vitamin B6.

5. PRODUK SUSU RENDAH LEMAK
Makanan ini mengandung fenilalanin, tirosin, slutamin, protein, ALC & vitamin B12.

6. ALPUKAT ( Avocado )
Buah ini mengandung tirosin & magnesium.

7. KEDELAI
Kedelai mengandung lesitin (kolin ), asam glutamik, fenilalanin, vitamin E, besi, seng, protein, vitami B6.

8. DAGING SAPI TANPA LEMAK
Mengandung fenilalanin, lesitin ( kolin, asam glutamik, besi, seng )

9. HATI AYAM
Mengandung vitamin A, B1, B6, B12, protein, zat besi & tirosin.

10. GANDUM
Gandum banyak sekali mengandung lesitin ( kolin ), asam glutanik, vitamin B6, B1 & E serta magnesium.

Demikianlah kesepuluh makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak manusia. Apabila kita rajin mengkonsumsinya maka selai tubuh kita menjadi sehat, segar bugar juga kita akan memiliki otak yang cemerlang.

More about

Clinophobia, Fobia Tidur Aneh Tapi Nyata

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Selasa, 11 Januari 2011


Meski lelah penderita fobia ini memilih tidak tidur hingga akhirnya tertidur sendiri tanpa sadar. Tidur menurut penderitanya akan membuat mereka mati alias tidak bangun lagi. (foto: mlive.com)
Selama ini tidur telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, seperti halnya bernapas atau makan. Diperkirakan sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Jika kita hidup sampai usia 78 tahun, 26 tahun waktu kita dipakai untuk tidur!
Meski begitu, ternyata ada sebagian orang yang fobia pada tidur atau istilahnya clinophobia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, klinein, yang berarti melipat, landai, atau melereng, yang salah satunya terjadi ketika tidur, dan phobos, berarti takut.
Clinophobia atau ada juga yang menyebutnya somniphobia adalah ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional pada tidur. Orang yang mengalaminya takut pada tidur itu sendiri atau apa yang mungkin terjadi ketika ia tertidur. Sebut saja takut mimpi buruk, takut mengompol, atau takut berhenti napas saat tidur.
Tak sedikit juga orang clinophobia yang mengatakan bahwa mereka akan mati ketika tertidur karena orang yang sedang tertidur terlihat seperti orang yang sudah meninggal.
Seperti halnya fobia lain, orang yang menderita clinophobia mungkin pernah mengalami pengalaman traumatis yang diasosiasikan dengan kegiatan tidur. Contohnya, ketika kecil, mereka sering mimpi buruk atau ada keluarganya yang meninggal saat tidur.
Gejala clinophobia berbeda pada setiap orang. Sebagian besar berusaha menghindari tidur, tetapi ada juga yang bisa tidur tetapi terbangun beberapa kali dalam semalam karena merasa tidak nyaman. Biasanya, ketika dipaksa untuk tidur, mereka akan panik, dada berdebar kencang, atau gemetar.
Mengingat pentingnya fungsi tidur dalam kesehatan manusia, sudah tentu orang clinophobia akan mengalami gangguan fungsi tubuh, mengantuk, kelelahan, tidak fokus, bahkan rentan sakit.
Teknik relaksasi, meditasi, atau hipnoterapi biasanya bisa membantu menghilangkan rasa takut berlebihan ini.
Fobia bukan saja ketakutan yang berlebihan, namun kadang ketakutan yang tidak rasional. Ketakutan akan objek atau situasi yang tidak menyenangkan tersebut menyebabkan serangan panik dan timbul kecemasan yang akut. Fobia ini biasanya dimulai sejak kanak-kanak atau saat remaja.

Selain fobia tidur, fobia yang banyak dialami orang adalah ketinggian, ruang gelap, laba-laba atau lainnya. Tapi ada orang yang mengidap fobia yang tak masuk akal seperti takut uang.

Diberitakan dari FoxNews, ada beberapa fobia yang sangat aneh dan tidak masuk akal:

1. Takut Drakula (Sanguivoriphobia)
Ini adalah fobia atau takut pada si pemakan darah alias drakula. Meski ceritanya fiksi, pengidap fobia ini akan sesak napas, ketakutan dan menjadi panik saat tiba-tiba memikirkan atau terlintas cerita drakula.

2. Takut Jumat Tanggal 13 (Friggartriskaidekaphobia)
Mitos Jumat tanggal 13 sudah begitu banyak membuat orang takut. Hari itu dianggap sebagai hari sial. Penderita fobia ini akan begitu tertekan dan ketakutan akan mengalami musibah setiap Jumat tanggal 13.

3. Takut Uang (Chrometophobia)
Ketakutan ini dianggap paling aneh karena bisa mengganggu kehidupan orang. Penderita fobia ini melihat uang adalah sumber masalah yang akan menyengsarakan.

4. Takut dengan Orang Muda (Ephebiphobia)
Melihat orang muda bagi penderita fobia ini adalah musibah karena anak muda dianggap tidak bisa dipercaya, suka membunuh, mengancam jiwa dan kedudukan mereka. Orang-orang seperti ini akan menghindari keramaian seperti mall atau bioskop.

5. Takut Tidur (Somniphobia)
Meski lelah penderita fobia ini memilih tidak tidur hingga akhirnya tertidur sendiri tanpa sadar. Tidur menurut penderitanya akan membuat mereka mati alias tidak bangun lagi, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Beberapa jenis fobia lain yang tak masuk akal adalah:

  1. Ablutophobia, takut mandi.
  2. Anthrophobia, takut dengan bunga.
  3. Bibliophobia, takut membaca buku.
  4. Bromidrosiphobia, pusing mencium bau badan.
  5. Caligynephobia, tidak percaya diri bila bertemu dengan perempuan, apalagi seorang perempuan yang cantik atau menarik.
  6. Catoptrophobia, takut melibat bayangan di cermin.
  7. Chaetophobia, ngeri dengan rambut.
  8. Chronomentrophobia, takut dengan jam.
  9. Cibophobia, takut dengan makanan.
  10. Enetophobia, takut melihat peniti.
  11. Geliophobia, seram mendengar suara orang tertawa.
  12. Graphophobia, takut melihat tulisan.
  13. Heliophobia, takut matahari.
  14. Lachanophobia, tidak suka makan sayur mayur.
  15. Melophobia, takut mendengar musik.
  16. Ommetaphobia, ngeri melihat mata.
  17. Papyrophobia, takut dengan kertas.
  18. Peladophobia, takut melihat orang botak.
  19. Pluviophobia, takut hujan.
  20. Pogonophobia, geli dengan jenggot.
  21. Scolionophobia, takut pergi ke sekolah.
  22. Soceraphobia, ngeri dengan mertua.
  23. Triskadekaphobia, takut dengan angka tiga belas.
  24. Vestiphobia, tidak mau memakai baju.
Peneliti mempelajari bagian tertentu dari otak yang terlibat pada ketakutan fobia ini. Dan ternyata fobia disebabkan oleh kombinasi antara faktor biologi dan kejadian dalam kehidupan, yang dipengaruhi oleh gen seseorang dan gaya hidup.

Orang fobia lebih banyak menghindari sumber ketakutannya tapi sebenarnya diperlukan perawatan untuk melawan takut yang berlebihan. Padahal menghindari sesuatu yang ditakutkan tidak akan menyelesaikan permasalahan.

Rata-rata fobia yang dialami bisa disembuhkan meski diakui tak ada satu pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan semua fobia. Dalam beberapa kasus, penyembuhan fobia dilakukan melalui kombinasi perawatan.

Ada beberapa perawatan utama untuk mengatasi fobia, yaitu:

  1. Terapi berbicara.
  2. Terapi pemaparan diri (Desensitisation).
  3. Menggunakan obat-obatan seperti antidepresan, obat penenang dan beta-blocker. 

www.suaramedia.com
More about
a