“Ayam ketawa”” YANG KINI JADI TREND BARU

Diposting oleh orang maros bisa tonji on Kamis, 28 April 2011

“Ayam ketawa”mungkin apa bila anda mendengar atau membaca nama itu mungkin dalam benak anda Ayam yang bisa ketawa,,,, apakah memang ada…?? Jawabannya adalah ”Ya memang ada”…. Suara kokok dari “Ayam ketawa” ini memang seperti layaknya suara manusia yang sedang ketawa.


Bahkan pada saat ini “Ayam ketawa” telah menjadi trend dimasyarakat, khususnya diwilayah kota Makassar, Maros, Gowa dan sekitarnya. Bahkan saat ini “Ayam ketawa” ini pun sudah banyak dikoleksi oleh  Masyarakat diluar Sulawesi-Selatan seperti Jakarta, bandung, Jogja, Palembang dan masih banyak lagi. Bahkan dari Sumber saya dapat Bibit “Ayam ketawa” ini mulai di ekspor ke beberapa Negara tatangga, seperti Malaysia.



Banyaknya peminat “Ayam ketawa” ini tidak lepas dari suaranya yang lain dari suara Ayam pada umumnya, selain itu para pecinta Unggas sebagian menyukai “Ayam ketawa” ini Karena selain sering diikutkan kontes-kontes Unggas, konon kabarnya “Ayam ketawa” ini juga bias membawa Hoki bagi sang pemiliknya.

Bagaimana tidak, harga perekor dari “Ayam ketawa” ini berkisar dari 200 ribu sampai 20 juta Rupiah per-ekor, dan yang lebih mencengangkan lagi, apabila “Ayam ketawa” ini berhasil menang kontes/perlombaan, harganya dapat naik berlipat-lipat ganda bahkan ada yang tembus sampai harga 75  juta Rupiah…. Waoww….. bukankah itu harga yang sangat Fantastis untuk ukuran seekor ayam.

Jenis “Ayam ketawa” ini hampir sama dengan ayam kampung seperti biasanya.  “Ayam ketawa” ketawa ini sendiri mulanya dikenal di daerah SIDRAP salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi-Selatan, Jaranknya sekitar 183  km arah utara dari kota Makassar. Didaerah habitat aslinya (Sidrap) “Ayam ketawa” atau Manu’ Gaga’ telah dipelihara oleh Masyarakat secara turun temurun  dari generasi ke generasi. Konon dahulu “Ayam ketawa” ini hanya dipelihara oleh dan berkembang biak dilingkungan Kraton Bugis terutama oleh kalangan Bangsawan Bugis (Andi) yang merupakan symbol status sosial.


Beberapa tahun sebelumnya “Ayam ketawa” ini temasuk kedalam salah satu jenis unggas yang dilindungi. Jadi untuk mendapatkannya lumayan susah. Namun seiring berjalannya waktu dan makin banyaknya peternak unggas  yang menternakkan dan mengembangbiakkan “Ayam ketawa” ini, kini “Ayam ketawa” ini sudah sangat gampang untuk kita jumpai dikota-kota besar diSulawesi-selatan. Karena selain suaranya yang khas juga perawatan “Ayam ketawa” ini relative lebih gampang, dan makanannya juga cukup simpel.

owh iya disini saya juga punya video “Ayam ketawa” tetangga saya yang lagi ketawa alias berkukuk... hehehehe... cekidot....



Sekian dulu yeach coretan saya tentang “Ayam ketawa” ini,,, semoga bermanfaat untuk pada pembaca YhudiYuBa.Com

Wassalam,




artikel ini sedang mengikuti kontes SEO 2011 "Komunitas Blogger Indonesia" mohon doanya.... hehehehehe





  
Terima kasih telah membaca artikel: “Ayam ketawa”” YANG KINI JADI TREND BARU.Silahkan baca artikel ©Blog Yhudiyuba yang lainnya!!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar sesukanya sob...
yang penting sopan dan membangun.........
Nyepam langsung di hapus....