Stadion "Kassi Kebo" Nasibmu Kini

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Rabu, 27 April 2011

Ketika suatu sore saya lagi duduk-duduk didepan rumah, tiba-tiba datang seorang teman dengan seragam kaos bola lengkap dengan sepatunya. Seketika temanku itu mengajakku ikut kesuatu tempat yang sudah lama tak pernah  aku dengar “Stadion Kassi Kebo'”, ya itulah lapangan kebanggaan kami selaku masyrakat Maros.

Maka dari kejadian kemarin sore itulah sehingga saya menuliskan Artikel ini, sekaligus saya ingin sekedar mengenang tentang Stadion Kebanggaan Masyarakat Maros ini.

okelah kalo begitu,,, mari kita sedikit mengenang.....!!!

Setiap pecinta sepak bola pasti tahu nama-nama lapangan angker untuk dikunjungi kala menjadi tim tamu di suatu daerah. Apalagi jika Tim tersebut berkunjung ke Makassar. Siapa yang tidak mengenal Lapangan Mattoanging (sekarang: Andi Mattalata) , markas salah satu raksasa sepakbola Indonesia PSM Makassar, atau lapangan Karebosi yang biasa digunakan oleh PSM latihan dikala tak ada pertandingan, yang biasa juga digunakan oleh tim tamu sebelum bertanding melawan PSM.
Kedua lapangan itu sudah tidak asing lagi bagi semua tim-tim profesional yang berlaga di Indonesia.

Terlepas dari kedua lapangan itu, berpuluh-puluh kilometer dari ibukota Sulawesi Selatan, terdapat satu lapangan yang sempat berjaya di Kancah persepakbolaan negeri zamrud khatulistiwa ini.
Ialah Lapangan Sepakbola “Kassi Kebo'” yang terdapat di Kabupaten Maros



Kota : Maros, Sulawesi Selatan
Dibangun : -
Kandang : Persim Maros
Kapasitas : 15.000 Penonton.
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : D

Kondisi Sekarang
Tribun : C
Tempat duduk : C
Fasilitas : C
Rumput : C
Drainase : C
Penerangan : -
Papan Skor : C
Kondisi : C

Lapangan berkategori D oleh PSSI ini biasa digunakan oleh PERSIM Maros untuk menjamu tim lawannya di Divisi Satu Liga Indonesia. Sudah banyak nama-nama besar yang pernah merasakan bermain di stadion ini, Sebut saja Syamsidar mantan kiper Timnas Indonesia ini, sebelum berlabuh ke PSM Makassar, sempat memperkuat gawang PERSIM, adalagi Denny Marcel yang pada tahun 2006 pernah bermain sebagai penjaga gawang Arema Malang berlabuh ke PERSIM, tidak lupa pemain asing Fernando Rene,Cristian Carrasco dan di barisan belakang ada Deny Tarkas dan pemain Timnas sekarang Zulkifly Zukur Benteng pertahanan PERSIM yang kokoh pada saat itu, Dan masih banyak lagi nama-nama Pemain Sepak Bola yang awal karirnya dirintis di PERSIM MAROS. Tidak hanya pemain, dibagian pelatih pun sudah banyak yang mencoba formula kemenangannya di Stadion,  diantaranya Zein Alhaddad dan Muhammad Basri.

Namun seiring berjalannya waktu Lapangan ini pun mulai ditinggalkan. Dimulai dengan tidak lolosnya PERSIM Maros di tahun 2006 ke Divisi Utama, yang sempat digembar-gemborkan akan lolos dan diprediksikan akan menjadi Derby Sul-Sel untuk mendampingi PSM Makassar yang sudah lama malang melintang di Divisi Utama. Ironis memang harus menunggu hasil dari pertandingan tim lain yang sarat dengan permainan politik atur skor pada saat itu.

Sejak saat itulah akibat kefrustasian para pemain, satu demi satu pemain pun hengkang, disusul pelatih yang menambah derita kekosongan Lapangan KASSI KEBO' kebanggaan masyarakat Maros. Sejak saat itulah lapangan ini tidak lagi digunakan untuk pertandingan profesional.






Hanya saja lapangan ini biasa digunakan oleh siswa SD untuk latihan olahraga, tapi lama kelamaan lapangan ini mulai tidak terurus, rumput dan ilalang tumbuh subur di pinggir maupun di tengah lapangan. Tembok stadion pun mulai menjadi koloni lumut yang tiap musim hujan akan bertambah tebal.

Ditambah lagi kemelut di sisi pemerintahan yang mengakibatkan kurangnya alokasi dana untuk perbaikan dan pengurusan Lapangan. Walaupun sempat di renovasi, sehingga PERSIM pun harus menjamu tim tamu di Lapangan  Mattoanging, tetap saja tidak bisa menambah modal pemasukan buat pengurusan pemeliharaan stadion.

Dan sekarang apabila anda datang ke Stadion Kebanggaan Orang Maros itu, yang Nampak hanyalah beberapa ekor kuda, sapi dan kerbau, yang dengan sengaja disimpan oleh sang pemiliknya biar hewan ternaknya itu bisa makan tanpa harus repot mencarikannya.

Semoga pemerintah Maros saat ini dapat mengembalikan kejayaan Lapangan Kassi Kebo’ sebagai salah satu kebanggan kami selaku masyarakat Maros, yang haus akan Prestasi dan Kebanggaan.





kami merindukan lapangan kami, kami merindukan Tim kami..!!!
Kembalikan ciri Stadion Kassi Kebo' sebagai NERAKA buat Tim Lawan Yang bertandang…..
Kembalikan PERSIM MAROS sebagai TIM yang Disegani….


bersambung Stadion "Kassi Kebo" Nasibmu Kini Part II

Terima kasih telah membaca artikel: Stadion "Kassi Kebo" Nasibmu Kini.Silahkan baca artikel ©Blog Yhudiyuba yang lainnya!!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar sesukanya sob...
yang penting sopan dan membangun.........
Nyepam langsung di hapus....

a