Sejarah Singkat Kabupaten Maros

Diposkan oleh orang maros bisa tonji on Jumat, 06 Juli 2012

Yhudiyuba | Sejarah Singkat Kabupaten Maros.- Sebelumnya saya mau menjelaskan dulu kepada semua sobat Y2 kalo postingan ini saya dapat dari salah satu teman Facebook saya yang kebetulan mempublish postingan ini didinding Facebooknya.


Alun-alun Maros 1953 (ex.Kantor Bupati lama). Ir. Soekarno bersama H. A. Mapparessa Dg. Sitaba Karaeng Turikale dan para KaraEng Toddo'Limayya, para Arung/Puwatta Lebbo'tengngae, Gallarang Appaka serta para pengurus parpol dan tokoh masyarakat.
"Bingkai kecil Sejarah berdirinya Kabupaten Maros"


Pada tanggal 25 Juli 1956, DPRDS swatantra Makassar memutuskan menggabungkan tiga kewedanaan yaitu Maros, Pangkajene dan Pulau-pulau dengan rencana ibu kotanya "Pangkajene".


Tanggal 26 Agustus 1956, Rakyat Maros melalui federasi Toddo'Limayya, Lebbo'Tengngae, Gallarang Appaka, Parpol dan beberapa Organisasi Massa mengadakan Konferensi yang melahirkan satu mosi yang mengusulkan "Maros" sebagai Ibu Kota Kabupaten.


Harian Marhaen terbitan pada tahun 1957 menuliskan bahwa mosi hasil konferensi 26 Agustus tersebut dibawa oleh Utusan Maros yang diwakili H.A.Mapparessa Dg. Sitaba (Karaeng Turikale) dan H.A.Siradjuddin Dg. Maggading (Karaeng Simbang) menghadap Gubernur Militer Andi Pangerang Petta Rani di Makassar. Pada saat pertemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam, Gubernur didampingi oleh residen Abd.Razak Dg.Patunru dan Kabag.Otonomi/Desentralisasi.


Resolusi yang diperhadapkan tersebut bertujuan bilamana tuntutan "Maros" sebagai Ibu Kota Kabupaten tidak terpenuhi, maka badan yang telah dibentuk akan memperjuangkan Maros "sebagai kabupaten tersendiri".


Badan yang dibentuk tersebut dinamakan "Panitia Persiapan Kabupaten Maros".


Susunan Panitia Persiapan Kabupaten Maros :
Ketua Umum : H.A.Mapparessa Dg.Sitaba (Karaeng Turikale)
Ketua I : A.Abd.Raman Dg.Mamangung (ex.KPN Maros)
Ketua II : Intje Mannambai Ibrahim (KPN Maros)
Penulis I : Djaya Amir Dg.Ngalle (unsur Parpol)
Penulis II : Abd.Bakir Dg.Nai (Peg.Kantor KPN Maros)
Bendahara : A.Abd.Rahim Dg.Manippi (Pengusaha Tembakau Maros)


Pembantu Umum :
- Mangngassengi Dg.Manaba (Penilik SD)
- Mustafa Kamal (unsur Persatuan Guru)
- A.Mardjan Dg.Malewa (Karaeng Cenrana)
- Abd.Rivai Dg.Marala (Gallarang Sudiang)
- H. Muhaedi (unsur Petan/Nelayan)
- Abd. Salam Tamma' (cendikiawan)


Tindak lanjut pertemuan tersebut adalah kunjungan Gubernur ke Maros dan Pangkajene pada tanggal 19 Januari 1957 dan secara prinsip tetap pada keputusannya, yakni Ibu Kota Kabupaten adalah Pangkajene.


Pasca kunjungan Gubernur, Panitia Persiapan Kabupaten Maros tetap memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Maros sebagai Kabupaten tersendiri sampai dikeluarkannya Undang2 No.29 Tahun 1959 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II se-Sulawesi.


Pada tanggal 1 Februari 1960, NURDIN DJOHAN dilantik sebagai BKDH TK.II Maros yang pertama.


Sumber artikel dan photo : Postingan Facebook Riza Mappangara (http://www.facebook.com/photo.php?fbid=256188977830091&set=a.246443855471270.54940.100003169726531&type=1&relevant_count=1&ref=nf)


Semoga bermanfat sob postingan ini tentang Sejarah Kab. Maros .


Tips Blogging, SEO, Blogger Pemula, Tentang Cinta, Info Kesehatan, Tips Facebook, Trik Handphone, Zodiak, Kontes SEO, Tips dan Trik, Maros, Selebritis Terima kasih telah membaca artikel: Sejarah Singkat Kabupaten Maros.Silahkan baca artikel ©Blog Yhudiyuba yang lainnya!!!

{ 3 komentar... read them below or add one }

modern classic furniture mengatakan... Reply Comment

makasih udah share yaaa...:)

Advertising dan Huruf Timbul Semarang mengatakan... Reply Comment

mas enak ya di makasar,segalanya masih alami,murni saya bisa bilang gitu karena saya pernah tinggal di ternate,yah walaupun jauh dari tempat mas saya senang banget tinggal di sana.

kehidupanya benar2..........damai banget.
laut yang benar2 biru.
udara segar

pokoknya saya gak kan ngelupain ternate SELAMANYA...

I LOVE INDONESIA....

salam buat seluruh orang di makasar ya mas....

salam
asyhadia

samad dadrana mengatakan... Reply Comment

lagi cari bahan untuk di posting tentang Maros,, tapi na lumbaika kak Yudhi yhuba,, nice post

Poskan Komentar

Komentar sesukanya sob...
yang penting sopan dan membangun.........
Nyepam langsung di hapus....

a